Bolu Cokelat-Kacang Tepung Singkong

Cokelat dan selai kacang termasuk cocok dalam ‘berteman,’ baik dijadikan camilan paling sederhana semacam peanut butter cups, dikolaborasikan menjadi brownies, dan lain sebagainya. Berhubung saya seorang homebaker amatiran, nyoba bikin bolu cokelat-kacang aja dulu, tapi terigunya diganti pakai tepung singkong (mocaf).

He looked pained. “I don’t eat peanut butter.” 

That genuinely shocked her. “Who doesn’t eat peanut butter? It’s the perfect food.”

(Christine Feehan, “Water Bound”)

Saya lupa dari mana saya dapat resep ini. Pokoknya sudah saya catat jauh semenjak sebelum menikah di 2009. Aslinya bolu ini ditumpuk di atas ‘alas’ berbahan dasar biskuit. Semacam base untuk cheesecake gitu. Tapi saya hanya menggunakan resep cake-nya aja.

Meski ini eksperimentasi pertama, alhamdulillah anak-anak saya suka (patokannya, mereka makan lagi dan lagi sampai akhirnya seloyang ludes). Tapi saya sendiri masih kurang puas karena ternyata rasa kacangnya masih agak kalah dari rasa cokelatnya. Masalah selera, ya.

Resep Bolu Cokelat-Kacang Tepung Singkong

Resep asli: Choco & Peanut Slice (maaf, sumbernya tidak terdokumentasikan di catatan saya)

Dimodifikasi dan ditulis ulang oleh Diar Adhihafsari sesuai dengan pengalaman sendiri.

Bahan-bahan:

  • 100 gr — mentega asin [aslinya mentega tawar]
  • 125 gr — cokelat compound pekat, potong-potong
  • 2 btr — telur
  • sejumput kecil — garam [aslinya 1/4 sdt], untuk meng-enhance rasa
  • 75 gr — gula palem [aslinya gula pasir] [bagi saya agak kemanisan]
  • 100 gr — selai kacang creamy berkualitas baik
  • 50 gr — tepung singkong (mocaf) [aslinya 60 gr tepung terigu protein sedang], tapi bagi saya teksturnya masih agak ‘mawur’
  • 1 bh — cookies kacang, hancurkan agak kasar, untuk taburan (karena cookies-nya berbahan dasar terigu, bolu ini gak jadi gluten-free, ya)
  • [aslinya ada tambahan 1/2 sdt baking powder]

Cara membuat:

  1. Panaskan oven [di resep asli 180° C] sesuai karakter oven masing-masing.
  2. Tim mentega dan cokelat di dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di mulut panci yang berisi sedikit air (belum sampai mendidih) di atas api kecil. Setelah tercampur rata, angkat, sisihkan.
  3. Dalam wadah lain, kocok telur, garam, dan gula sebentar, asal terlihat kental saja.
  4. Masukkan selai kacang dan campuran mentega-cokelat, kocok rata dengan kecepatan rendah.
  5. Tambahkan tepung singkong (sambil diayak), aduk rata.
  6. Tuang ke dalam loyang 20x10x4 cm [aslinya loyang 22x22x4 cm], taburkan cookies kacang yang sudah dihancurkan ke permukaan kue, panggang hingga matang [di resep asli selama 30 menit].

Selamat mencoba!

Leave a Reply

