Biasanya, Lebaran terasa kurang lengkap tanpa kue nastar. Bahkan bagi yang bukan penggemar nastar sekalipun.

Saya tidak bisa bilang bahwa saya seorang penggemar nastar. Saya suka nastar, tapi tidak menyukai selai nanas di dalamnya. Namun di usia sedewasa sekarang pastinya malu kalau makan nastar cuma bagian tepungnya, lalu bagian selainya disisihkan atau dibuang.

Makanya saat berlebaran ke rumah orang dan saya masih nekat makan nastar yang disuguhkan, saya akan tetap bersikap anggun mengunyah bagian selai nanasnya sampai hilang ke tenggorokan. Eeaaa…

Paling asyik kalau pas dapat nastar yang isian selainya cuma sedikit. Dan paling sengsara (dan ini yang paling sering) waktu kebagian nastar yang selai nanasnya terasa lebih banyak daripada kuenya.

Lebaran 2017 ini untuk pertama kalinya saya menyajikan nastar di rumah. Tentu saja tanpa gluten (gluten-free) dengan tepung singkong (mocaf). Dan tentu saja tanpa isian selai nanas, melainkan saya ganti menggunakan potongan keju cheddar berukuran super kecil.

Sebelumnya, di luar Lebaran, saya pernah mencoba membuat nastar tepung mocaf dengan isian meises cokelat, hasil modifikasi dari resep nastar konvensional. Entah di mana letak kesalahan saya; meski bentuk nastarnya sempurna, tapi rasa kuenya sangat aneh, apalagi saat bercampur meises. Setelah mengevaluasi, sepertinya karena waktu itu saya tidak menambahkan tepung susu dan tepung maizena. Setidaknya feeling saya mengatakan demikian.

Sebenarnya sejak saat itu saya kapok mau membuat nastar lagi. Sampai akhirnya saya menemukan resep nastar gluten-free dari akun Instagram @nonovnovya. Tapi dasar bandel, bahkan sejak percobaan pertama pun resep tersebut sudah saya utak-atik sedikit, mulai dari isian yang tanpa selai nanas (ini wajib bagi saya), menambahkan bubuk pandan dari Blueboots Farm, mengurangi jumlah tepung mocaf, dan meniadakan beberapa bahan lain.

Di lain kesempatan, saya pernah mencoba resep ini untuk dijadikan kue kering biasa, tanpa dibentuk bulat, tanpa diberi isian, tanpa olesan, dan dengan full butter (tanpa campuran margarin). Rasanya? Bagi saya merupakan kue kering gluten-free terbaik. Dan menurut saya kue kering tanpa gluten seperti ini memang cukup ‘terbantu’ rasanya oleh tepung susu, karena (kalau sedang ‘idealis’ atau semata sedang ‘tidak beruntung’), kue-kue gluten-free bisa terasa seperti kardus (ada yang pernah makan kardus?).

Resep Nastar Pandan Keju (Gluten-Free)

(Resep asli: Nastar Landak oleh @nonovnovya; diadaptasi oleh Diar Adhihafsari)

Bahan-bahan:

• 75 gr mentega asin

• 75 gr margarin

• 2 kuning telur

• 3 sdm gula pasir, blender

• 1 sdt bubuk pandan Blueboots Farm, campur dengan 1 sdm air panas

• 180 gr tepung singkong (mocaf) Ladang Lima

• 27 gr tepung susu

• 2 sdm tepung pati jagung (maizena)

• keju cheddar secukupnya, potong-potong membentuk dadu berukuran kecil

• 1 kuning telur, campur dengan 1 sdm susu cair (untuk olesan)

• keju cheddar secukupnya, parut, angin-anginkan (untuk taburan)

Cara membuat:

1. Campurkan mentega, margarin, kuning telur, dan gula, aduk rata menggunakan spatula.

2. Tambahkan campuran bubuk pandan. Aduk rata.

3. Masukkan tepung singkong, tepung susu, dan tepung maizena sambil diayak. Aduk lagi hingga kalis. Di tahap ini bisa mengaduk menggunakan tangan, tapi sebaiknya gunakan sarung tangan plastik atau karet.

4. Panaskan oven sekitar 150-160°C.

5. Pipihkan sedikit adonan, beri isian keju cheddar berbentuk dadu. Bulatkan adonan, oles dengan campuran kuning telur, taburi keju cheddar parut. Susun di atas loyang yang sudah disemir margarin tipis-tipis.

6. Panggang hingga matang.

7. Biarkan dingin, lalu masukkan ke dalam stoples kedap udara.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

